Cara Menghemat Baterai Dan Mempercepat Kinerja Android

Baterai smartphone Android kalian boros ? Untuk menghemat baterai smartphone Android caranya gampang, uninstal atau hapus saja aplikasi yang tidak perlu. Cara ini juga dapat mempercepat kinerja Android kalian, untuk caranya simak terus ya !

Siapa yang tidak tahu mengenai Android, semenjak kemunculannya sekitar satu dekade lalu, sistem operasi besutan Google ini kian hari semakin populer yang ditandai dengan jumlah pengguna yang semakin melonjak. Popularitas Android tak lepas dari peran Google yang identik dengan penyedia layanan yang mengutamakan kemudahan. Demikian juga dengan Android yang mengedepankan kemudahan penggunaan bagi para penggunanya. Maka tak heran popularitas Android semakin menanjak.
cara mempercepat kinerja android
Bagi para pengguna Android yang sudah lama menggunakan OS fenomenal ini mungkin sudah tak asing dengan cara-cara setting Android seperti cara menghemat baterai pada smartphone Android atau cara mempercepat kinerja sistem operasi Android. Termasuk cara mendownload aplikasi, menginstal aplikasi, dan uninstal aplikasi yang tidak diperlukan. Namun lain halnya jika anda adalah pengguna baru yang baru mencicipi sistem operasi mobile nomor satu di dunia itu.

Cara Menghemat Baterai dan Mempercepat Kinerja Android Dengan Uninstal Aplikasi Yang Tidak Perlu

cara menghemat baterai android
Dalam sistem operasi apapun, semakin banyak aplikasi yang terinstal akan memakan sumber daya yang semakin besar pula. Begitupun penggunaan memori atau RAM, semakin banyak aplikasi yang terinstal pada smartphone Android anda maka penggunaan memori akan meningkat dan kinerja Android anda semakin melambat atau setidaknya mengalami penurunan.

Ada beberapa solusi yang dapat diambil untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan bantuan aplikasi tertentu yang dapat melakukan pengaturan memori atau memanage sumber daya sehingga aplikasi yang tidak digunakan untuk sementara dinonaktifkan dari daftar startup. Namun kelemahan dari cara ini karena kita menggunakan sebuah aplikasi yang berarti menghentikan aplikasi lain untuk sementara dengan sebuah aplikasi baru yang tentu saja aplikasi tersebut juga memerlukan sumber daya serta menggunakan resource memori.

Cara yang paling ampuh untuk menghemat baterai dan mempercepat kinerja Android adalah dengan menghapus atau uninstal aplikasi yang tidak perlu atau sangat jarang apalagi aplikasi yang tak pernah lagi digunakan. Dengan cara ini, penggunan sumber daya baterai akan menurun serta penggunaan memori pun menurun yang berarti kinerja Android kini tak terlalu berat sehingga dapat berjalan dengan lebih cepat. Penghapusan atau uninstal aplikasi android tidak akan berdampak pada file-file pribadi anda, kecuali kalau aplikasi tersebut menggunakan authority yang dapat melakukan perubahan pada file sistem dan file-file yang terorganisir oleh aplikasi tersebut seperti aplikasi file manager dan aplikasi yang berhubungan dengan kontak. Untuk itu disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan pengubahan pada sistem operasi apapun termasuk Android untuk mencegah kehilangan data-data penting. Sedangkan untuk masalah aplikasi yang dihapus / uninstal, anda tidak perlu khawatir, toh di kemudian hari kita bisa menginstalnya lagi dengan mudah.

Cara Menghapus / Uninstal Aplikasi Android Dengan Mudah.

Untuk menghapus atau uninstal aplikasi Android dan mempercepat kinerja sistem operasi Android sebenarnya sangatlah mudah. Bahkan pengguna yang tidak berpengalaman sekalipun tak akan mengalami kesulitan untuk melakukan uninstal aplikasi dikarenakan kemudahan yang diberikan oleh pihak Google. Cukup dengan mengikuti beberapa langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini makan uninstal aplikasi bisa anda jalankan sendiri.

Langkah-langkah menghapus / uninstal aplikasi Android

  1. Langkah pertama anda harus masuk ke menu "Settings" yang terdapat pada susunan / deretan menu.
  2. Klik / ketuk pada menu "Applications" yang terdapat pada list.
  3. Setelah terbuka, pilih "Manage applications".
  4. Pilihlah tab "Downloaded" dan tunggu beberapa saat sampai Android selesai mengumpulkan data / mempopulasi semua aplikasi yang terinstal.
  5. Setelah proses selesai dan muncul daftar aplikasi yang terinstal, pilihlah aplikasi ayang ingin dihapus / uninstal. Dalam hal ini, pilihlah aplikasi yang tidak digunakan atau sangat jarang digunakan, keberadaan aplikasi yang tidak digunakan hanya akan memperlambat kinerja sistem operasi Android dan menyebabkab baterai cepat habis karena aplikasi tersebut tetap bekerja secara background mode.
  6. Setelah aplikasi yang akan dihapus / uninstal ditentukan, klik uninstal dan Android akan menghapus aplikasi tersebut secara otomatis.
cara uninstal aplikasi android
Demikianlah cara-cara yang paling umum dan paling mudah dilakukan untuk menghapus aplikasi Android sehingga kita dapat menghemat baterai dan mempercepat kinerja sistem Android. Cara ini merupakan cara paling aman, dan jika kita membutuhkan aplikasi tersebut di kemudian hari, kita masih bisa mendownload dan menginstalnya kembali di kemudian hari.
Cara Menghemat Baterai Dan Mempercepat Kinerja Android
4/ 5
Oleh