Apa Itu iPhone Refurbished, dan Apa Bedanya dengan iPhone Rekondisi ?

Perbedaan iPhone Refurbished dengan Rekondisi - Pernahkah kalian mendengar mengenai smartphone Apple refurbished? Kalian juga mungkin pernah mendengar mengenai beredarnya iPhone rekondisi di pasaran. Keduanya memiliki persamaan dan perbedaan, apa sajakah perbedaan dan persamaan diantara keduanya?
Apa Itu iPhone Refurbished, dan Apa Bedannya dengan iPhone Rekondisi ?
sumber gambar : www.ibnlive.in
Baca Juga : 5 Cara Mudah Membedakan iPhone Asli (Original) dengan KW (Palsu/Tiruan)

Persamaan dan Perbedaan iPhone Rekondisi dengan Refurbished


Secara status, antara iPhone rekondisi dengan iPhone refurbished tidak ada bedanya. Keduanya sama-sama barang yang pernah beredar di pasaran, entah itu sebagai barang pakai yang masih dalam masa garansi maupun barang cacat produksi yang dikembalikan tanpa pernah dipakai. Kasarnya, antara iPhone rekondisi dengan iPhone refurbished bisa dikatakan produk 'recycle' yang mengalami siklus baru dalam masa pakainya.

Namun secara teknis, keduanya sangatlah berbeda. Berikut perbedaan antara iPhone rekondisi dengan iPhone refurbished.

iPhone Rekondisi Lokal

iPhone rekondisi merupakan perangkat iPhone yang 'didaur ulang' sedemikian rupa hingga menyerupai iPhone baru tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi. Biasanya, proses rekondisi dikerjakan oleh pihak ketiga (lokal) baik secara legal maupun ilegal. Legal disini diartikan bahwa perangkat yang direkondisi dijual sebagai produk pre-owned secara legal sehingga pembeli mengetahui mengenai 'silsilah' produk yang hendak didapatkannya. Hanya saja produk tersebut tidak memiliki garansi vendor dan biasanya berupa garansi toko/outlet tempat produk tersebut dijual. Sementara perangkat yang direkondisi secara ilegal biasanya dikemas sedemikian rupa sehingga menyerupai produk baru namun biasanya harga yang ditawarkan lebih murah.

Ciri-Ciri iPhone Rekondisi Lokal

  1. Dus/packaging seperti pada saat gadget tersebut dijual baru
  2. Aksesoris yang disertakan non-original
  3. Harga yang ditawarkan jauh lebih murah
  4. Garansi yang ditawarkan biasanya sekitar 1 (satu) bulan
  5. Jika dicek di http://selfsolve.apple.com maka garansi serta dukungan untuk perangkat yang besangkutan telah EXPIRED

iPhone Refurbished Resmi

Perangkat iPhone refurbished sebenarnya adalah produk rekondisi, bedanya pengerjaan dilakukan oleh vendor yang bersangkutan yaitu Apple. Kasarnya, iPhone refurbished adalah perangkat rekondisi resmi yang dijual kembali dengan harga yang lebih rendah namun dengan jaminan garansi serta dukungan penuh dari pihak Apple layaknya produk baru.

Menurut penelusuran, iPhone refurbished merupakan produk yang ditarik dari pasaran oleh Apple, entah itu karena klaim garansi maupun produk cacat produksi atau kerusakan selama pengapalan. Produk-produk tersebut kemudian dicek secara menyeluruh, diperbaiki dan melalui quality control layaknya produk baru.

Produk yang lulus uji kelayakan dan berfungsi 100% layaknya gadget normal kemudian dikemas dengan box khusus yang berbeda dan diberi keterangan bahwa produk tersebut adalah refurbished. Seterusnya, produk dijual kembali dengan harga lebih murah namun dengan jaminan kualitas serta garansi internasional resmi dari Apple disertai dengan aksesoris original.

Ciri-Ciri iPhone Refurbished Resmi Apple

  1. Packaging menggunakan box khusus lengkap dengan label serta bertuliskan "Apple Certified Pre-Owned" pada bagian depan bawah
  2. Aksesoris yang disertakan baru dan original
  3. Harga yang ditawarkan lebih tinggi dari iPhone rekondisi lokal
  4. Garansi resmi dari Apple yang berlaku selama 1 (satu) tahun dan berlaku internasional
  5. Jika dicek di http://selfsolve.apple.com garansi beserta support berlaku selama 1 tahun semenjak box pertama kali dibuka dan perangkat diaktifasi
  6. Biasanya, iPhone refurbished resmi adalah produk dari 2 generasi ke belakang. Jika misalnya generasi yang up to date saat ini adalah iPhone 6, maka versi refurbished yang dilepas ke pasaran adalah iPhone 5, terpaut dua generasi dibawah iPhone 6 atau satu generasi dibawah iPhone 5S.

Kelebihan iPhone Refurbished Dibandingkan iPhone Rekondisi

Tentunya, iPhone refurbished memiliki kualitas dan kelebihan yang jauh diatas iPhone rekondisi lokal. Berikut beberapa kelebihannya.

1. Garansi Resmi dari Apple

iPhone refurbished ditangani langsung oleh pihak Apple sehingga Apple bertanggung jawab sepenuhnya terhadap masa garansi. Masa garansinya sendiri berlaku selama 1 (satu) tahun dan berlaku secara internasional semenjak perangkat diaktifasi oleh pengguna baru. Pengguna bisa mengecek masa garansi produk apple dengan memasukkan serial number produk yang bersangkutan di laman http://selfsolve.apple.com

2. Kualitas Terjamin

Garansi selama satu tahun yang diberikan oleh Apple menandakan bahwa produk yang bersangkutan memiliki kualitas yang memadai. Pengguna bisa melakukan klaim garansi dimanapun karena berlaku secara internasional, dan support yang diberikan terhadap produk refurbished sama dengan produk yang dijual dalam kondisi baru.

3. Aksesoris Baru dan Original

Apa Itu iPhone Refurbished, dan Apa Bedannya dengan iPhone Rekondisi ?
Kelebihan iPhone refurbished lainnya dibanding dengan produk rekondisi adalah akesoris yang disertakan merupakan aksesoris original Apple serta dengan kondisi baru. Ini merupakan keuntungan tersendiri dimana produk rekondisi biasanya cuma menyertakan aksesoris replacement seperti cahrger, kabel data dan headset.

4. Nilai Purna Jual Lebih Tinggi

Jaminan garansi resmi yang berlaku untuk produk iPhone refurbished membuatnya memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi. Apalagi jika produk yang bersangkutan masih dalam masa garansi, kalaupun tidak, pengguna baru bisa mengeceknya di laman http://selfsolve.apple.com untuk memperkirakan sejak kapan perangkat tersebut diaktifasi dan sudah berapa lama masa pakainya.

Perbedaan iPhone Refurbished dengan iPhone Baru

Apa Itu iPhone Refurbished, dan Apa Bedannya dengan iPhone Rekondisi ?
Packaging iPhone 5 refurbished
iPhone refurbished yang merupakan produk rekondisi resmi dari Apple lengkap dengan masa garansinya dijual dengan kondisi mirip baru. Apple membedakannya mulai dari kemasan yang digunakan hingga harga jual yang lebih rendah. Untuk menghindari kekeliruan pengguna, Apple sengaja memberikan kemasan yang berbeda dengan dominasi warna putih disertai label yang bertuliskan "Apple Certified Pre-Owned" pada bagian depan kemasannya. Semoga bermanfaat ya !
Baca Juga : Harga Kisaran iPhone 5 Refurbished Beserta Spek Lengkapnya
Apa Itu iPhone Refurbished, dan Apa Bedanya dengan iPhone Rekondisi ?
4/ 5
Oleh